Minggu, 15 Januari 2017

Bakso kenyal

Jakarta - Tulang iga tak cuma enak untuk kuah bakso. Banyak pedagang bakso menambahkan iga ke dalam sajian bakso. Rasa bakso pun makin sedap! 

Selama ini tulang iga sapi banyak dikenal sebagai bahan kuah bakso. Membuat citarasa kuah gurih enak. Apalagi saat sudah dipadukan dengan aneka bumbu. 

Inovasi dari pedagang bakso membuat iga tak sekedar jadi pelengkap kaldu. Iga juga ditambahkan ke dalam bakso. Lembutnya daging iga bisa menambah sensasi nikmat menyantap bakso. Meski sedikit mengingatkan akan sup. Konon awalnya populer di daerah Banyuwangi, Jawa Timur. 

Bakso Bang Jambrong, misalnya, punya menu bakso iga. Hidangan ini memakai potongan daging iga dalam kuah bakso. Kuah bakso iga cenderung tidak bening. Sedikit keruh dengan jejak tetelan dan sumsum dari iga. Karena pemakaian tulang sapi dan iga yang direbus lama sehingga menghasilkan warna agak gelap tapi rasanya gurih. 

Seperti racikan bakso iga di Bakso Solo Mas Ono. Tempat ini memakai tambahan dua potong daging iga lembut berukuran sedang dalam satu porsi bakso. Warung Bakso Menot Wonogiri juga punya menu bakso tusuk iga. Di sini kuahnya bening dengan citarasa gurih kuat daging sapi. Tampaknya kuah bakso terbuat dari kaldu rebusan daging sapi. 

Keunikan terletak pada sajian baksonya. Bakso dengan ukuran cukup besar ditusuki dengan iga. Tak hanya itu, bakso pun dicampur iga yang masih lengkap dengan dagingnya. Tekstur daging kenyal gurih, pas dengan tekstur bakso. 

Layaknya kebanyakan sajian bakso, tentu bakso iga makin enak diberi tambahan sambal rawit dan kecap manis. Tidak ketinggalan taburan bawang goreng dan cincangan daun seledri. Hmm.. mantap! 

Bakso Rawit Bang Jambrong 
Jl. Raya Gandul No. 103 (perempatan Gandul) Cinere Depok 
Telpon: 021-95853147, 08999299700 

Bakso Solo Mas Ono 
Jl. Dr. Muwardi 1 Blok B2 No. 26B Grogol 
Jakarta Barat 
Telpon: 0813-1077-7200 

Warung Bakso Menot Wonogiri (WARBANOT) 
Jl. Kapten Tendean No. 41 (Samping Kantor Pos) 
Jakarta Selatan 
Telpon: 0877-7004-155/0823-1016-0915

Tidak ada komentar:

Posting Komentar