Minggu, 15 Januari 2017

6 Fungsi Kamera Smartphone yang Mungkin Jarang Kamu Gunakan

6 Fungsi Kamera Smartphone yang Mungkin Jarang Kamu Gunakan


Selain sebagai alat komunikasi, dewasa ini smartphone sudah menjadi alat fotografi sekaligus hiburan bagi penggunanya. Oleh karena ini banyak perusahaan smarrtphone yang menjadikan segmen kamera sebagai lahan untuk bersaing. Dari mulai kebutuhan kamera profesional hingga selfie, semua sudah tersedia di smartphone.
Apa kamu termasuk pengguna smartphone yang hobi menggunakan kamera untuk mengambil foto? Ssst, selain buat foto, kamera di smartphone masih punya fungsi lain loh!

Fungsi lain Kamera Smartphone

fungsi-kamera-smarrtphone (3)
Bagi kamu pecinta selfie, jajaran smartphone selfie terbaik bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran. Tapi masa iya kamera smartphone mau dipake buat selfie doang? Coba maksimalkan kamera smartphone kamu untuk hal-hal lainnya deh!

1. Augmented Reality

Bagi kamu yang main game Pokemon GO, harusnya sudah tidak asing dengan istilah Augmented Reality (AR). Teknologi AR adalah kemampuan untuk menggabungkan bidang 3 dimensi dengan bidang 2 dimensi, sehingga objek yang berada di layar menjadi seolah nyata ada di sekitar kita. Teknologi inilah yang dibawa oleh Pokemon GO untuk memungkinkan kamu berburu Pokemon di dunia nyata.
fungsi-kamera-smarrtphone-(6)
Nah, keberadaan kamera di smartphone sangat penting untuk bisa menikmati mode AR. Selain itu sensor gyroscope juga harus ada pada smartphone. Bukan cuma Pokemon GO, masih banyak aplikasi Augmented Reality keren yang bisa kamu nikmati dengan kamera smartphone.

2. Mencari Tahu Informasi Suatu Benda

fungsi-kamera-smarrtphone (1)
Jika biasanya kamera smartphone hanya digunakan untuk mengabadikan moment dalam bentuk foto atau video, sudah saatnya kamera membuat kamu jadi lebih pintar. Dengan memanfaatkan bantuan aplikasi Google Goggles, kamu bisa mencari tahu informasi dari suatu benda dengan mudah. Cukup foto bendanya, lalu nanti aplikasi ini akan menampilkan informasinya.

3. Alat Penerjemah

fungsi-kamera-smarrtphone-(5)
Tidak perlu khawatir jika menemukan bahasa asing di papan informasi saat pergi ke luar negeri. Cukup gunakan kamera kamu ke informasi terkait menggunakan Google Translate, maka secara instan akan muncul terjemahannya. Meski kadang sedikit ngaco, tapi setidaknya kamera smartphone kamu sudah memberi pencerahan agar tidak kesasar kan?

4. Sebagai Kacamata Darurat

Bagi kamu yang memiliki mata minus seperti Jaka, pernah gak ngalamin ketinggalan kacamata karena terburu-buru? Ngeselin deh pasti kalo ngalamin. Akibatnya aktivitas kita jadi terganggu saat harus membaca teks-teks yang jauh. Masa iya pinjem kacamata temen saat di kantor atau di kampus?
fungsi-kamera-smarrtphone (4)
Untuk mengakalinya, kamu bisa menggunakan bantuan kamera smartphone. Dengan melakukan zoom in di aplikasi kamera, kamu bisa menjadikan kamera smartphone sebagai kacamata darurat. Cukupzoom in pada objek yang ingin kamu baca atau lihat, maka kamu bisa melihatnya dengan jelas tanpa harus mendekat.

5. Scanner Dokumen

fungsi-kamera-smarrtphone-(7)
Memasuki era Internet of Things sudah waktunya kamu go paperless. Gak perlu deh dokumen-dokumen dalam bentuk kertas. Saat harus mengirim dokumen kertas ke orang lain, sebaiknya scan aja dokumen tersebut jadi file PDF, lalu kirim lewat email. Kamu bisa dengan mudah mengubah dokumen kertas ke PDF menggunakan menggunakan kamera smartphone dengan bantuan aplikasi Office Lens.

6. QR Code Scanner

fungsi-kamera-smarrtphone (2)
Quick Reponse Code (QR Code) adalah kode dua dimensi yang berisi informasi kompleks, seperti kontak, alamat web, dan lainnya. Nah, smartphone kamu bisa banget digunakan untuk memindai semua informasi yang ada di dalam sebuah QR code. Ngaku deh, kamu udah biasa menggunakan cara ini untuk menambahkan kontak BBM kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar