Minggu, 15 Januari 2017

5 User Interface Terbaik untuk Android

5 User Interface Terbaik untuk Android


Siapa yang tidak mengenal Android? Bahkan, kamu mungkin juga menggunakan sistem operasi si robot hijau ini. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk smartphone dan tablet. Setiap kali kita mendengar tentang Android, kamu bisa jadi akan membandingkan user interface (UI) pada tiap-tiap perangkat.
Sebagian dari kamu mungkin bilang MIUI pada Xiaomimempunyai tampilan yang bagus, namun ada pula yang lebih suka tampilan TouchWiz-nya Samsung. Nah, Jaka akan menyajikan pembahasan tentang beberapa tampilan Android terbaik dan terpopuler.

Apa itu Android UI?

User Interface merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna. Android UI adalah tampilan suatu sistem operasi Android secara unik dan kompleks. Android datang dengan dari berbagai vendor dan mempunyai tampilan unik di tiap perangkat. Misalkan smartphone Meizu dengan Samsung, sama-sama menggunakan Android tetapi mempunyai UI yang berbeda. Diibaratkan UI adalah versi Android-nya vendor smartphone. Kira-kira user interface apa yang terbaik ya untuk smartphone kita ya?

5 User Interface Terbaik untuk Android

1. Stock UI

masukkan deskripsi gambar disini
Stock UI adalah UI 'mentah' atau default perangkat Android. Stock UI banyak ditemukan dalam perangkat besutan Google, seperti Google Nexus dan Android One. UI ini terasa sangat basic dan tanpa utak-atik tampilan apapun. Stock UI akan terasa ringan karena jarang ditemukan modifikasi.
GadgetSpec by JalanTikus.com

2. MIUI

masukkan deskripsi gambar disiniMIUI adalah sebuah sistem UI yang sangat berbeda dengan Stock UI Google. Bahkan, jika kamu menggunakan MIUI, kamu merasa menggunakan sistem operasi yang lain. MIUI sangat mirip dengan iOS tanpa app drawer. MIUI mempunyai fitur menarik dan juga opsi theme.
GadgetSpec by JalanTikus.com

3. FlymeOS

masukkan deskripsi gambar disiniFlymeOS adalah UI dari Meizu, sebuah vendor smartphone juga dari Negeri tirai bambu. Hampir semua smartphone dari negeri tirai bambu ini mempunyai sistem user interface terbaik yang unik dan bermacam-macam. FlymeOS ini sangat simpel, tanpa App Drawer, dan sangat identik dengan iOS serta Windows Phone. Navigation Bar FlymeOS sangat identik dengan Windows 10 Mobile, jadi jika kamu yang pengen pindah ke Android dari Windows 10 Mobile, FlymeOS akan terasa sangat cocok.
GadgetSpec by JalanTikus.com

4. TouchWiz

masukkan deskripsi gambar disiniTouchWiz adalah user interface terbaik dari pabrikan smartphone asal Korea Selatan, Samsung. TouchWiz dikembangkan Samsung sebagai pengganti Stock UI default Android. Hampir semua perangkat dari samsung menggunakan TouchWiz sebagai UI default-nya. Tapi sayangnya, di beberapa perangkat low end, UI ini dirasa berat karena mengkonsumsi resource yang tinggi.

5. FiraOS

masukkan deskripsi gambar disiniFiraOS sebenarnya lebih layak disebut ROM dari pada UI, karena pada FiraOS kustomisasi telah sangat kompleks. FiraOS adalah UI buatan PT. Fira Makmur Indonesia yang asli produk Indonesia loh. FiraOS banyak ditemukan di perangkat Polytron untuk saat ini. FiraOS menggunakan Android 5.1 (Lollipop). FiraOS mempunyai banyak fitur yang 'Indonesia banget', sebagai contoh aplikasi pengecekan pulsa.
GadgetSpec by JalanTikus.com
Itulah 5 user interface Android terbaik dan terpopuler. Masih banyak UI di luar sana, seperti VibeUI milik Lenovo, HTC Sense milik HTC, dan masih banyak lagi. Semua UI ini bisa kamu jadikan patokan untuk membeli gadget baru atau bagi kamu oprekers sejati, bisa tuh oprek-oprek UI ini dan jadikan UI kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar